Kamis, 30 Oktober 2014

Vatikan Sebagai Negara Terkecil Di Dunia

Sejarah Vatikan

 
      Lokasi Vatikan ada di tengah kota Roma di Italia. Dahulu, daerah di Roma ini tidak dihuni dan dianggap keramat oleh masyarakat setempat. Pada tahun 326, gereja pertama dibangun di atas tempat yang diperkirakan sebagai makam Santo Petrus. Mulai sejak saat itu, tempat ini mulai dihuni orang.
Istana Quirinal (istana terbesar di Roma) menjadi tempat tinggal utama Paus sejak tahun 1592 – 1870. Hingga tahun 1871, peran para Paus dalam negara Italia cukup besar. Baik sebagai pemimpin spiritual maupun pemimpin sekuler.
     Dikatakan pemimpin sekuler karena Paus ikut serta memerintah beberapa daerah di semenanjung Italia, jadi tidak hanya memimpin bidang agama saja. Kekuasaan ini dimiliki Paus atas Italia selama kurang lebih 1.000 tahun.
     Namun waktu berkuasa yang lama itu pun akhirnya berakhir. Unifikasi Italia atau penyatuan Italia menyebabkan daerah kekuasaan Paus disita oleh Kerajaan Italia yang saat itu baru didirikan. Ketika kehilangan kekuasaan sementaranya itulah keuskupan pindah ke istana kedua terbesar, Vatikan. Sementara raja-raja (sekarang para presiden) Italia mengambil alih Quirinal.


5 Fakta Negara Vatikan


1 : Negara dengan luas negaranya yang terbilang kecil
     bahwa  negara ini memang memiliki luas yang bisa dibilang kecil. Bahkan.. Negara ini tidak lebih luas dari Yogyakarta lho..

2 : Negara yang memiliki PERATURAN yang terbilang ADIL
     Salah satu contoh dari peraturan VATIKAN adalah
     - bahwa penduduk disana tidak berkewarganegaraan yang tetap..
     penjelasannya begini.. warga negara vatikan adalah warga yang menetap atau berkerja di Vatikan itu sendiri. jadi.. status kewarganegaraan itu bisa hilang jika masa kerja telah usai.
     - Negara ini tidak memungut pajak
     peraturan ini disebabkan karena Vatikan adalah ketua dari penganut Katolik  ( Negara yang menjunjung tinggi Agama )

3 : Negara ini tidak memiliki pemimpin negara seperti negara lain
    Negara ini dipimpin oleh seorang PAUS yang dipilih untuk menjadi pemimpin Vatikan sampai nafas terakhirnya.

4 : Pasukan pengaman (Bayaran)
     Tahukah kamu? setiap ada sebuah perayaan yang terjadi di Vatikan. maka sang PAUS akan dijaga oleh beberapa orang yang ternyata adalah Pasukan Bayaran. 

5 : Negara ini menyimpan **BUKU LEGENDA**
    buku ini adalah harta yang tak ternilai milik Vatikan.. Buku Legenda ini adalah sebuah buku yang diciptakan oleh sebuah TOKOH yang sangat berpengaruh bagi dunia Teknologi dll.. yang berisi tentang Prinsip kerja berbagai alat seperti Pesawat dll. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mini Rage Face Happy Smiley