Rabu, 19 November 2014

Big Ben Di London

     Big Ben Didesain oleh seorang pengacara dan horologis amatir Edmund Beckett Denison, dan George Airy, seorang Astronom Kerajaan. Jam ini dibuat oleh Edward John Dent, yang selesai pada tahun 1854. Namun menara tinggi jam Big Ben belum selesai saat itu sampai tahun 1859. Menara dengan tinggi 96.3 meter (316 kaki) dan dibangun dengan gaya Gothik Victoria. 61 meter (200 kaki) di bawah jam terbuat dari bata yang dilapisi oleh batu. Sedangkan puncak menara ditopang dengan rangka besi yang dibuat dari besi leleh. Menara ini dibangun di atas tanah berukuran 15 meter kali 15 meter, fondasi terbuat dari beton setebal 3 meter (9 kaki), pada kedalaman 4 meter (13 kaki) di bawah permukaan. Semua sisi jam tingginya 55 meter (180 kaki) dari atas tanah.
      Karena berubahnya kondisi tanah sejak pembangunannya, Menara Big Ben sedikit miring ke barat laut kurang lebih 220 milimeter (8.66 inci), menara ini miring setiap tahun sebanyak beberapa milimeter ke arah timur dan barat dikarenakan efek thermal.


Ada neh gan 10 fakta unik tentang big ben . cuss kita lihat :

1. Nama asli dari bangunan ini sebenarnya adalah The Clock Tower. Big Ben hanyalah nama panggilan yang diberikan untuk lonceng terbesar di menara tersebut, atau dikenal sebagai Great Bell.
2. Berdasarkan survey yang dilakukan pada tahun 2008, Big ben merupakan tempat wisatawan yang paling terkenal se-Britania Raya.

3. Selain terkenal sebagai Big Ben Tower, bangunan ini juga kadang disebut sebagai St. Stephen Tower. Menara ini sebenarnya bisa ditemukan di tengah dari sisi barat House of Parliament.

4. Big Ben pertama kali berbunyi pada 31 Mei 1859

5. Ukuran emas latin bisa dijumpai di setiap dasar nomor-nomor jam. Di sana tertulis “Domine Salvam Fac Reginam Nostrum Victoriam Primam:, yang berarti “Oh Tuan, pertama-tama lindungilah Ratu Victoria”.

                              

6. Asal nama Big Ben sendiri sebenarnya masih simpang siur. Beberapa meyakini bahwa Clock Tower ini dinamai Big Ben berasal dari nama seorang insinyur teknik sipil sekaligus politikus yang sangat tinggi, Benjamin Hall. Ada lagi yang bilang bahwa nama ini berasak dari Benjamin Caunt, petinju Inggris yang memenangkan turnamen ketika zaman-zaman menara ini menjadi pusat perbincangan di London.

7. Big Ben berdenting 15 menit sekali. Bahkan bunyi loncengnya bisa terdengar hingga sejauh 8 km.

8. Setiap kali ada pertemuan di parlemen, bendera Britania Raya dikibarkan di Victoria Tower.

9. Setiap tahunnya, jam di Big Ben diatur waktunya dengan menggunakan uang logam kuno Inggris. Jika jam bergerak terlalu cepat maka akan ditambahkan uang logam di bandul jam. Jika jam terlalu lambat maka logam tersebut akan dikurangi.

10. Sejarah dimulainya Big Ben disambut oleh berbagai permasalahan. Awalnya konstruksi bangunan ini diwarnai dengan keterlambatan akan pengiriman bahan baku bangunan, birokrasi dan isu anggaran. Ditambah lagi, menara ini terlalu kecil untuk ukuran jamnya. Lonceng seberat 16,25 ton juga rusak sehari setelah diuji.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mini Rage Face Happy Smiley